Hi Para Cloudku! Apa kalian pertama kali menggunakan layanan VPS Cloudku ? Belum paham kegunaan Actions pada VPS Cloudku ? Tenang saja, mimin akan memberi sedikit penjelasan tentang kegunaan Actions sendiri.

Start



Fungsi ini sebagai menyalakan VPS anda. Sebagai contoh kalian ingin menyalakan VPS yang sedang dimatikan. Jika VPS kalian dalam keadaan menyala dan tidak sengaja menekan “Start”, VPS kalian tidak akan terganggu.



Contoh notifikasi jika server VPS kalian berhasil dinyalakan.




Reboot



Fungsi ini sebagai menyalakan ulang VPS anda. Sebagai contoh kalian ingin menyalakan ulang VPS , maka akan muncul peringatan seperti dibawah ini.



Setelah selesai menyalakan ulang, nantinya akan muncul notifikasi seperti dibawah ini.



Stop



Fungsi ini sebagai memberhentikan VPS anda. Semisal VPS kalian ingin diberhentikan paksa, maka fungsi dari “Stop” ini bisa menjalankan perintah tersebut. Jika kalian ingin mencoba, maka akan muncul peringatan seperti dibawah ini.



Setelah selesai menyalakan ulang, maka akan muncul notifikasi seperti dibawah ini.




Shut Down



Fungsi ini sebagai me-matikan VPS anda. Ketika kalian menggunakan “Shutdown” ini, VPS kalian akan dijadwalkan secara otomatis untuk matikan VPS anda. Jadi VPS kalian tidak akan langsung berhenti, waktu dipakai kurang lebih 1 menit untuk proses ini.



Notifikasi Ketika kalian berhasil me-matikan VPS.




noVNC Console



noVNC Console adalah salah satu fitur remote console ke VPS kalian. Tampilan yang dibawakan tentunya hanya berbasis command-line saja. Dengan menggunakan remote console, kalian bisa menambahkan aplikasi-aplikasi linux di dalam VPS.



Xterm.js Console



Xterm.js adalah salah satu console yang berfungsi sebagai remote console ke VPS kalian. Bedanya dengan noVNC Console ini terletak pada bagian scroll window ketika kalian akses ke console. Di console ini kalian lebih dimudahkan dalam melihat history terakhir pada perubahan yang terjadi.

Sebagai catatan khusus, untuk Xterm.js Console ini para Cloudku diharuskan untuk menekan tombol enter pada keyboardnya. Gunanya untuk menampilkan pesan Console selanjutnya.



Jika ada informasi yang ditanyakan lebih detail. Para Cloudku bisa menghubungi di Live Chat Cloudku.
Apakah artikel ini berguna?
Membatalkan
Terima kasih!