Halo Sobat Cloudku
Pada kesempatan ini kami akan membahas cara mengatasi error 404 pada wordpress Error 404 terjadi karena saat Anda mengakses pada sebuah halaman tetapi browser tidak menemukan halaman yang Anda cari. Pesan error yang tampil ini berbeda tergantung dari web browser yang Anda gunakan. Contoh seperti dibawah ini:
Chrome : 404, That error
Firefox : 404 Not Found
Opera : 404 Not Found
Safari : 404 error: File not found

Error 404 adalah peringatan yang muncul ketika browser Anda tidak menemukan halaman atau file yang diakses. Bisa konten yang diakses hilang, telah diubah atau mengalami kerusakan.
Pesan kesalahan seperti “Error 404 not found" bisa berasal dari script website yang Anda miliki. Faktor lainnya, mungkin disebabkan oleh server hosting tempat Anda menyimpan file website.

Penyebab Error 404 Not Found
Berikut adalah empat penyebab Error 404 yang sering ditemukan:
Salah memasukkan URL
Penyebab Error 404 yang pertama cukup sederhana, yaitu kesalahan ketik ketika menulis URL. Misalnya, Anda seharusnya menulis www.niagahoster.co.id untuk mengakses website resmi Niagahoster. Namun, Anda malah menuliskan www.niagahosterr.co.id.

Caching error
Masalah pada caching juga bisa menyebabkan error ini muncul. Jika browser yang Anda gunakan tidak bisa menemukan file cache website, muncullah Error 404.

Pengaturan DNS bermasalah
Faktor lain yang bisa menyebabkan munculnya Error 404 adalah masalah pada domain Anda yang belum dipropagasi ke Domain Name System (DNS) yang digunakan. Alhasil muncul tersebut ketika Anda mengakses website.

Plugin atau tema bermasalah
Plugin atau tema yang bermasalah bisa menyebabkan munculnya Error 404. Pada beberapa kasus, plugin atau tema bermasalah mempengaruhi link URL website Anda. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan error ini bisa muncul
.
Mengatasi Error 404
Cara mengatasi error 404 sangat mudah dilakukan, apalagi bagi Anda yang menggunakan platform WordPress. Ada beberapa cara mengatasi error 404 yang bisa Anda coba, berikut caranya:
Refresh atau Reload
Pada saat terjadi error 404 not found, coba Anda tekan refresh F5 atau reload web browser, kadang error 404 ini terjadi karena web browser bermasalah saat menampilkan halaman yang Anda cari.

Seting Ulang Permalink WordPress
Penyebab yang kedua yang sering ditemui karena permasalahan seting pada permalink WordPress. WordPress memiliki berbagai pilihan permalink yang bisa anad gunakan untuk opsi tampilan halaman. Untuk seting permalink, Anda bisa buka di dashboard WordPress > Settings > Permalinks.
Setelah terbuka, silahkan Anda pilih Plain dibawah Common Settings kemudian klik save. Silahkan coba buka browser Anda dan reload apakah sudah normal ataukah belum.

Restore File htaccess
Ketika Anda merubah seting permalink pada WordPress, otomatis seting yang ada di htaccess ikut berubah. File htaccess ini bertugas untuk berkomunikasi langsung dengan server hosting. Jika browser Anda muncul tampilan error 404, kemungkinan besar file htaccess yang ada di cPanel atau Plesk bermasalah.

Cara mengatasinya bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
Masuk ke akun cPanel atau Plesk, untuk user password biasanya disertakan saat pembelian hosting.
Silahkan cari menu File > File Manager
Cari file public_html > htaccess > Edit
Masukan script coding dibawah ini
Kemudian tambahkan baris coding seperti dibawah ini.
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]

Jika sudah klik save dan silahkan coba kembali.

Mematikan Plugin dan Theme WordPress
Plugin-WordPress
Sama seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel sebelumnya, plugin dan theme turut serta dalam beberapa permasalah pada WordPress. Untuk mengatasinya silahkan Anda baca pada pembahasan artikel sebelumnya tentang cara mengatasi error 403 forbidden pada WordPress.
Jika cara diatas belum berhasil, cobalah untuk menghubungi pihak penyedia hosting yang Anda gunakan.

Sudah Paham Cara Mengatasi Error 404?
Error ini memang terlihat sederhana, tetapi bisa mengakibatkan kerugian untuk Anda. Pengunjung tidak bisa menemukan halaman yang mereka inginkan. Akibatnya, trafik website pun bisa menurun.
Dengan empat cara mengatasi Error 404 di atas, Anda bisa menyelesaikan masalah secepat mungkin. Alhasil Anda bisa menghindari kehilangan trafik website.
Apakah artikel ini berguna?
Membatalkan
Terima kasih!